GARUT | Dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, Kapolsek Wanaraja, AKP Abusono, S.H, M.H, bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Wanaraja, Aipda Heri Heryanto dan Bripka Ervin Rustandi, mengadakan program JUM’AT CURHAT pada hari Jum’at, 14 Juni 2024. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini berlangsung di kampung Pakemitan Rt.001 Rw.001 Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Dalam kegiatan tersebut, AKP Abusono menyampaikan berbagai informasi dan himbauan terkait Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) serta kerawanan tindak pidana yang sering terjadi di wilayah hukum Polsek Wanaraja. Beliau mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan keamanan di sekitar tempat tinggal dan menciptakan situasi yang aman dan tertib. Selain itu, masyarakat dihimbau untuk selalu memeriksa keadaan rumah sebelum ditinggalkan untuk memastikan keamanan properti mereka.

Kapolsek juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengawasi anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam tawuran antar pelajar. Orang tua diminta untuk mengarahkan anak-anak mereka mengikuti kegiatan yang positif dan secara rutin memeriksa handphone anak-anak untuk mencegah akses atau penyimpanan konten pornografi yang dapat berujung pada kejahatan seksual.

Tak hanya itu, masyarakat yang memiliki sepeda motor dihimbau untuk tidak menggunakan knalpot bising yang dapat mengganggu kenyamanan lingkungan. Kapolsek juga mengajak warga untuk mengaktifkan kembali Siskamling sebagai upaya bersama dalam menangkal ancaman gangguan kamtibmas di lingkungan mereka.

Terakhir, AKP Abusono menekankan bahaya penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak moral, mental, dan kesehatan. Masyarakat diingatkan akan pentingnya menjauhi narkoba dan segera melaporkan jika mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan mereka. Program JUM’AT CURHAT ini diharapkan dapat menjadi wahana cooling system untuk mendinginkan situasi dan mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah Wanaraja.(WnR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You Missed