Garut – Sebuah perahu nelayan yang dikenal dengan nama BANGKIT UTAMA mengalami kecelakaan laut saat hendak memasuki Pelabuhan Santolo di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Kamis (01/08/2024).

Perahu BANGKIT UTAMA mengalami kecelakaan ketika mencoba memasuki pelabuhan setelah kembali dari tengah laut.

Dalam perjalanan tersebut, perahu terhempas oleh gelombang besar dari sisi kanan, yang menyebabkan perahu terguling dan terbawa arus hingga menabrak batu-batu di area pelabuhan.

Kapolres Garut AKBP Mochamad Fajar Gemilang, S.I.K., M.H., M.I.K., melalui Kasat Polairud Polres Garut AKP Anang Sonjaya., mengatakan terdapat 3 awak perahu yaitu Ilham (35) sebagai Tekong, Iwan (50) dan Ade (28) yang semuanya warga Kecamatan Pameungpeuk Garut.

Ketiga orang tersebut berhasil melompat dari perahu yang tenggelam dan berenang menuju pantai untuk menyelamatkan diri.

Setelah perahu terbalik dan terdampar di batu-batu pelabuhan, tim dari Satpolairud dan masyarakat nelayan setempat segera melakukan upaya penarikan perahu menuju pinggir pantai untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan untuk memudahkan evakuasi.

“Dengan selamatnya seluruh awak perahu, tindakan cepat dari masyarakat dan pihak berwenang patut diapresiasi. Namun, kejadian ini menjadi pengingat pentingnya keselamatan dalam beraktivitas di laut, khususnya saat cuaca buruk.” Tegas Anang