Didampingi anggota, Kapolsek Pameungpeuk Polres Garut, Iptu Bangbang Sudarsono, lakukan Giat Anjangsana ke Kantor Sekertariat Panwaslu di Jalan Sanglumajang Desa Mandalakasih, dalam rangka monitoring persiapan Pilkada Tahun 2024 di Wilayah Hukum Polsek Pameungpeuk, pada Kamis (26/09/2024).

Kantor Sekertariat Panwascam Pameungpeuk Garut

Kegiatan anjangsana atau kunjungan kerja dilakukan dalam rangka memantau kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di wilayah hukum Polsek Pameungpeuk Polres Garut. Saat tiba di lokasi, Kapolsek disambut oleh Ketua Panwaslu Reza Pahlevi dan jajarannya.

Dalam berkesempatan tersebut, Kapolsek Bangbang memberikan pesan kamtibmas bagi para petugas Panwaslu. Ia juga ingin memastikan kesiapan seluruh elemen menghadapi pelaksanaan tahapan Pilkada Garut yang akan digelar serentak 27 Nopember 2024 mendatang, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsungnya pesta demokrasi.

“Koordinasi ini menjadi bagian penting untuk mengantisipasi segala potensi gangguan yang bisa muncul, baik dari sisi keamanan maupun pelanggaran aturan Pilkada,” tandas Kapolsek Bangbang.

Selain itu, kata dia, memastikan kesiapan teknis Pilkada, juga melakukan pemetaan terhadap titik-titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpotensi terjadi gangguan kamtibmas.

“Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya kericuhan atau insiden yang dapat mengganggu jalannya pemungutan suara,” ujarnya.

Kapolsek Bangbang menekankan pentingnya pengawasan selama masa kampanye dan hari pencoblosan. Potensi pelanggaran Pilkada seperti politik uang, intimidasi pemilih, atau pelanggaran protokol selama kampanye akan menjadi fokus perhatian bersama, baik oleh pihak kepolisian, Panwaslu, maupun elemen masyarakat lainnya.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung. Peran aktif masyarakat dinilai sangat penting dalam menciptakan suasana kondusif, sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan sukses tanpa gangguan,” beber Kapolsek Pameungpeuk.

Ia berharap, kegiatan berkoordinasi dengan Panwaslu untuk memastikan bahwa Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sesuai aturan. Tidak ada pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye maupun saat pencoblosan nanti.

“Dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak kepolisian, Panwaslu, dan unsur terkait lainnya, diharapkan Pilkada 2024 di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut dapat berlangsung damai, adil, dan demokratis, serta menghasilkan pemimpin yang benar-benar diinginkan oleh rakyat,” pungkasnya