Garut – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Caringin mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di Jalan Provinsi Rancabuaya – Cisewu Kecamatan Caringin Kabupaten Garut. Rabu (02/09/2024).

Kapolres Garut AKBP Mochamad Fajar Gemilang, S.I.K., M.H., M.I.K., melalui Kapolsek Caringin Ipda Indra Koncara., mengatakan pohon yang tumbang tersebut adalah jenis pohon aren dengan tinggi sekitar 8 meter yang tumbang melintang di tengah jalan.

Kejadian tersebut menyebabkan badan jalan tertutup sepenuhnya, sehingga akses kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak dapat dilalui dan sempat terjadi kemacetan yang cukup panjang karena akses jalan yang terhalang.

Penyebab tumbangnya pohon tersebut diduga kuat akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut. Beruntung, tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan lain yang dilaporkan dalam insiden ini.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut melibatkan personel Polsek Caringin dan warga setempat. Setelah kurang lebih satu jam melakukan pembersihan, pohon tersebut berhasil dievakuasi. Sekitar pukul 19.30 wib akses jalan kembali normal.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada, terutama pada saat terjadi hujan lebat, mengingat potensi pohon tumbang masih mungkin terjadi di area-area tertentu yang rawan bencana.” Ujar Indra