Wanaraja, 23 Agustus 2024 – Kapolsek Wanaraja, AKP Abusono, S.H., M.H., bersama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Wanaraja, melaksanakan kegiatan Jumat Curhat sebagai bagian dari program pembinaan dan penggalangan masyarakat menjelang Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor PGRI Pangatikan, Kabupaten Garut, pada Jumat pagi pukul 10.00 WIB. Program ini sekaligus berfungsi sebagai wahana cooling system dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah hukum Polsek Wanaraja.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Wanaraja menyampaikan himbauan terkait Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Ia menekankan pentingnya kewaspadaan warga terhadap potensi tindak pidana di wilayah Wanaraja. Dalam sambutannya, AKP Abusono mengajak warga untuk lebih memperhatikan keamanan lingkungan tempat tinggal, menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Kapolsek juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa memeriksa kondisi rumah sebelum meninggalkannya guna mencegah terjadinya pencurian. Selain itu, orang tua diharapkan untuk lebih mengawasi anak-anak mereka, terutama dalam menghindari pengaruh negatif dari permainan game online yang dapat menyebabkan ketergantungan serta dampak negatif lainnya.

Dalam himbauannya, Kapolsek Wanaraja juga menyoroti pentingnya pengawasan penggunaan telepon genggam oleh anak-anak. Ia meminta para orang tua untuk secara rutin memeriksa ponsel anak mereka guna mencegah akses ke konten pornografi yang berpotensi memicu tindakan kejahatan seksual. Selain itu, penggunaan knalpot brong atau bising pada kendaraan roda dua juga diingatkan agar tidak digunakan karena dapat mengganggu ketenangan lingkungan.

Selain pembinaan keamanan, masyarakat juga diajak untuk mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) sebagai langkah bersama dalam mencegah gangguan kamtibmas. Dalam kesempatan ini, AKP Abusono mengingatkan warga untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak moral, kesehatan, dan mental.

Acara ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Pangatikan, tokoh masyarakat, serta warga setempat. Dengan adanya kegiatan seperti Jumat Curhat ini, diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap keamanan lingkungan dan turut serta dalam menciptakan suasana yang aman dan damai menjelang Pilkada 2024.(WnR).