Dalam suasana khidmat, warga Kecamatan Peundeuy, turut serta dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin langsung oleh Camat Kec. Peundeuy, bertempat di Lapangan Kantor Camat Peundeuy pada Selasa (01/10/2024).

Dengan tema “ dengan Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia emas”, upacara ini bertujuan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila.

Upacara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pejabat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga pelajar.

Kapolsubsektor Peundeuy AIPDA WAWAN GUNAWAN yang mengikuti langsung kegiatan itu menyampaikan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan momentum bagi kita untuk merefleksikan kembali nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,”.

Selain upacara bendera, acara ini juga diisi dengan pembacaan teks Pancasila dan naskah pembukaan UUD 1945 serta doa bersama.

Partisipasi aktif dari berbagai kalangan yang mengikuti upacara itu, menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai Pancasila.

Kapolsubsektor Peundeuy AIPDA WAWAN GUNAWAN, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat sinergi antara Polri, TNI, dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Dengan memperingati hari bersejarah ini, kita berharap semangat nasionalisme dan cinta tanah air semakin tumbuh di kalangan generasi muda,”.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama.