14 Mei 2024

Tribratanews

Polres Garut

Kapolsek Wanaraja Himbau Warga Ciptakan Situasi Kamtibmas Aman

Kapolsek Wanaraja, AKP Abusono, S.H, M.H, bersama Aipda Asrob dan Bripka Irfan, menggelar kegiatan curhat dan program pembinaan di kampung Tegalpanjang Desa Tegalpanjang. Dalam kegiatan yang berlangsung pada Jumat (26/04/24), Kapolsek Wanaraja memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk lebih memperhatikan keamanan sekitar tempat tinggal mereka. Dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman, warga diminta untuk aktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar dan untuk selalu memeriksa keadaan rumah sebelum meninggalkannya.


Selain itu, Kapolsek juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mengawasi anak-anak mereka. Mereka diingatkan untuk tidak terpengaruh oleh ajakan tawuran antar pelajar serta untuk mengarahkan anak-anak mereka pada kegiatan yang positif. Pemeriksaan terhadap handphone anak-anak juga disarankan sebagai langkah preventif untuk mencegah akses atau penyimpanan konten pornografi yang bisa membahayakan mereka.

Di samping itu, dalam upaya menjaga lingkungan, warga diminta untuk tidak menggunakan knalpot bising pada sepeda motor mereka. Kebisingan tersebut tidak hanya mengganggu ketentraman lingkungan tetapi juga melanggar peraturan yang berlaku. Selain itu, pentingnya aktivasi kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) juga disoroti sebagai langkah bersama dalam menangkal gangguan kamtibmas di lingkungan sekitar.

Terakhir, Kapolsek menyoroti bahaya penyalahgunaan narkoba dan mengimbau warga untuk menjauhinya. Dalam penjelasannya, ia mengingatkan bahwa narkoba dapat menyebabkan ketergantungan dan merusak moral, mental, serta kesehatan seseorang. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.(WnR).