Polsek Pameungpeuk Polres Garut

Kapolsek Pameungpeuk Iptu Bangbang Sudarsono menghadiri Pelantikan Anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Paas dan dihadiri sebanyak 18 Anggota Pantarlih yang dilantik, Senin 24 Juni 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut

1. Forkopimcam Kec. Pameungpeuk
2. Babinsa 1119/pmpk
3. Kepala Desa Paas Dan Perangkat Desa Paas
4. PKD (Panwas Kelurahan Desa)
5. PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Pameungpeuk turut menyampaikan pesan-pesan khusus kepada anggota Pantarlih yang baru dilantik.

“Karena kalau Pilkada ini yang mengikuti kontestasi politik yaitu orang asli daerah, tentunya hubungan emosional dari keluarga maupun pendukung paslon jauh lebih kental ketimbang kemarin pada saat dilakukannya pemilihan Presiden,” tegas Kapolsek.

Untuk itu, Kapolsek berpesan agar anggota Pantarlih harus profesionalisme dengan mempelajari peraturan-peraturan terkait dengan koordinasi dengan PPK dan pihak terkait.

“Dalam proses pemutakhiran yang paling utama adalah data dan fakta harus jelas sesuai dengan kenyataan agar kedepannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pesan Iptu Bangbang S.

Selain itu, Kapolsek memastikan pihaknya selalu siap untuk membantu mengamankan jalannya tahapan Pilkada serentak di wilayah Kecamatan Pameungpeuk.

“Jika ada hal-hal yang memang ada sesuatu yang perlu didiskusikan atau komunikasikan silakan mungkin nanti melalui Bhabinkamtibmas maupun dari Intel, serta bisa langsung datang ke Polsek dengan itu kita bersama-sama menyelesaikan hal-hal tersebut agar tidak berkembang kedepannya,”  Pungkas

Ini adalah bentuk nyata pelaksanaan dari program “TANGGINAS PRESISI”, selama kepemimpinan Kapolres Garut AKBP Rohman Yongky Dilatha, S.I.K,.M.Si

TANGGINAS PRESISI

TANGGINAS PRESISI, adalah program prioritas Kepolisian Resor Garut, selama kepemimpinan AKBP Rohman Yongky Dilatha, S.I.K,.M.Si

Transparansi menjadi salah satu poin utama dalam Program “TANGGINAS”, di mana kepolisian berkomitmen untuk memberikan informasi yang jelas, terbuka, dan mudah diakses oleh masyarakat. Adaptabilitas menunjukkan kemampuan kepolisian dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan situasi dan kebutuhan masyarakat.

Integrasi adalah upaya kepolisian untuk bekerja secara bersinergi dengan instansi lain dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Responsivitas mengacu pada kemampuan kepolisian dalam merespons dan mengatasi permasalahan dengan cepat dan efektif.

Netralitas menjadi prinsip penting dalam Program “TANGGINAS”, di mana kepolisian diharapkan menjaga sikap netralitas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas kepolisian. Antisipasi mencakup upaya kepolisian dalam mengidentifikasi potensi gangguan keamanan dan mengambil tindakan preventif.

Solutif merupakan komitmen kepolisian untuk memberikan solusi dan penyelesaian yang efektif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Presisi atau menjadi anggota Polri yang Presisi adalah mempedomani arah secara bijak dan prioritas program bapak Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Dalam mewujudkan POLRI yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan pada setiap pelaksanaan tugas Polres Garut.

NGARIUNG KAMTIBMAS DALAM SAMBANG RW

Ngariung Kamtibmas Dalam Sambang RW ini merupakan program Bapak Kapolres Garut Kapolres Garut AKBP Rohman Yongky Dilatha, S.I.K,.M.Si dalam menciptakan hubungan komunikasi yang baik dan aktif

Antara warga masyarakat dengan para bhabinkamtibmas serta untuk menyerap segala macam informasi yang beredar di warga.

Selain itu, acara ini bisa dijadikan ajang untuk mencari solusi penyelesaian masalah warga dengan cara musyawarah kekeluargaan.

Diharapkan program ini mampu menampung aspirasi warga dan menyerap informasi, serta hubungan kekerabatan bhabinkamtibmas dengan warga masyarakat semakin erat dan solid.